TIPS MENGHILANGKAN KANTUK SAAT KERJA


- Usahakan untuk mendapatkan cahaya yang terang, paling sedikit sebanding dengan cahaya di pagi hari. Cahaya yang lebih terang diyakini dapat mengurangi kantuk yang menyerang. So, jika Anda mengantuk hampiri jendela dan tataplah ke luar ruangan.

- Pergilah ke rest room dan basuh wajah Anda dengan air beberapa kali, sehingga Anda akan merasakan kesegaran. Air yang membasahi wajah dipastikan dapat menyegarkan penglihatan Anda. Kemudian belalakan mata Anda lebar-lebar dan segera sadarkan diri Anda bahwa Anda kini masih berada di kantor, bukan di rumah!

- Simpan wewangian atau minyak aromaterapi yang dapat menambah semangat kerja Anda, seperti bau-bauan mint atau jeruk. Wewangian ini dapat Anda pasang di ventilasi AC atau letakkan di meja di dekat ruangan kerja Anda. Bau-bauan yang segar akan merangsang penciuman Anda dan mengurangi kantuk.


- Nyalakan bunyi-bunyian. Bunyi-bunyian yang tidak teratur, seperti suara radio, musik, dapat meningkatkan kewaspadaan dan ketajaman otak Anda. Sebaliknya bunyi yang teratur seperti deru ac membuat Anda merasa ngantuk.

- Lakukan olahraga ringan, seperti senam ringan dengan menggerakkan kepala, tangan, kaki atau berjalan-jalan santai di ruangan juga bisa Anda lakukan. Gerakan-gerakan yang cukup simultan dapat menghambat saraf kantuk Anda.

- Bila kantor Anda memiliki taman-taman indah, keluarlah sebentar dari ruang kerja Anda dan pandanglah pohon-pohon hijau di taman. Niscaya mata Anda menjadi segar kembali. Tapi jangan kelamaan loh, kalau Anda merasa sudah lebih segar kembalilah ke dalam ruangan dan lanjutkan aktivitas kerja Anda.

Nah, kini jika Anda terserang kantuk Anda tak perlu berpikir untuk pulang ke rumah lalu tidur bukan? Anda dapat mengatasinya dengan salah satu cara tadi. Daripada Anda dibilang pemalas karena kantuk yang sering menyerang, lebih baik Anda lawan kantuk Anda. Sehingga produktivitas Anda pun nggak terhambat lagi.
Kalau saya tetep aja kalo ngantuk ya tidur... dan mencari-cari tempat buat tidur hehehehe

Tidak ada komentar untuk "TIPS MENGHILANGKAN KANTUK SAAT KERJA"