SPL naik - Kwalitas pendidikan juga naik...

Tanggal 27 juli dan 28 juli 2010 kemarin Bertempatkan di Auditorium UNNES merupakan hari dimana calon mahasiswa Univ. Negeri Semarang berubah statusnya menjadi Mahasiswa UNNES secara administratif, karena pada tanggal tersebut, calon mahasiswa yang telah lulus tes SNMPTN tersebut melakukan pembayaran SPP dan melakukan serangkaian pengisian data atau verifikasi. Mulai dari melengkapi data sekolah seperti ijazah, Foto KTM, tes kesehatan, pengukuran jas almamater, pembagian buku MKU dan KTM, setelah melakukan serangkaian proses verifikasi, kini mereka dinyatakan sebagai mahasiswa Univ. Negeri Semarang.

mengantri untuk cek kesehatan

Rangkaian verifikasi tersebut mendapatkan banyak kesan mulai dari mahasiswa baru dan orang tua mahasiswa yang ikut mengantar putra/putrinya. Beberapa mahasiswa baru merasa proses ferivikasi terkesan sangat cepat namun sangking cepatnya, beberapa calon mahasiswa tidak mengetahui bagaimana dan untuk apa tes ferivikasi dilakukan. Ketika saya bertanya pada salah satu mahasiswa baru yang sedang menunggu di salah satu pos dia hanya bisa menjawab, “saya ngikut temen-temen yang lain, mbak”. Betapa kurang informasinya para mahasiswa baru tentang proses verifikasi yangmereka lakukan.




suasana ketika mengantri verifikasi

Saya pun bertanya pada beberapa mahasiswa baru, mereka memiliki berbagai alasan mengapa mereka memilih menempuh pendidikan di Univ. Negeri Semarang. Dan alasan mereka seperti, UNNES adalah pilihan terakhir saya, UNNES dekat dengan rumah saya, lebih baik mahal tapi di Universitas Negeri daripada mahal tapi Universitas swasta, karna di Universitas negeri yang ada di semarang selain UNNES kayaknya isinya orang kaya jadi minder. Dari sekian banyakalasan yang saya temui kenapa tidak ada alasan yang lebih baik, misalnya “saya memilih kuliah di UNNES karena ada beberapa jurusannya yang berkualitas”. Apa alasan ini tidak keluar karna jurusan terbaik di UNNES hanya terbaik di kandang sendiri?. Mungkin itu yang akan menjadi Pekerjaan rumah para pendidik dan para peserta didik Univ. Negeri Semarang.

Kenapa ada beberapa alasan yang menyatakan bahwa Univ. Negeri Semarang SPLnya mahal, hal ini dikarenakan SPL tahun ini meningkat drastis dari tahun sebelumnya yang SPLnya hanya senilai kurang lebih 5 juta rupiah. Kini meningkat menjadi kisaran 6 juta rupiah – 15 juta rupiah. Kenapa di setiap jurusan ada SPL yang berbeda? Karena SPL kini dibedakan dalam standar mutu tiap PRODI atau yang lebih kita kenal dengan akreditasi, PRODI yang akreditasinya baik seperti Pendidikan Bahasa Inggris dan Matematika dibandrol SPL kurang lebih sebesar 15 juta rupiah. Sedangkan jurusan yang akreditasinya rendah seperti C dan yang belum memiliki akreditasi dibandrol harga kurang lebih 6 juta rupiah. Hal ini mirip seperti hal yang dilakukan oleh beberapa Universitas lain.
Menurut beberapa narasumber, meningkatnya SPL dikarenakan oleh penjumlahan pengeluaran mahasiswa hingga masa studi selesai. Siswa yang sudah membayar SPL tersebut, tidak perlu membayar uang PPL, KKN, dan Wisuda. Inilah keuntungan mahasiswa baru dari membayar SPL . Semoga saja dengan meningkatnya SPL, akan ada peningkatan pula dari segi pelayanan PPL, KKN, dan Wisuda. Semangat untuk bapak rektor dan jajarannya. Kembangkan terus kualitas pendidikan yang ada di UNNES. SALAM KONSERVASI. (253)

1 komentar untuk "SPL naik - Kwalitas pendidikan juga naik..."

Posting Komentar