PENYIAR MUDA USIA 7 TAHUN


ELAINA Smith, kini menjadi penyiar terkenal di Inggris. Pasalnya murid SD ini menjadi penyiar radio termuda yang membawakan acara konsultasi kehidupan dan masalah percintaan. Padahal usianya baru 7 tahun, suatu yang sebenarnya mustahil dilakukan anak-anak. Anehnya, dia selalu bisa memberi nasihat dan tips-tips tepat pada pendengarnya yang ‘curhat’.
Tak mengherankan, jika sebagai penyiar muda namanya cepat melambung. Publikasi media massa tentang sosok bocah yang membawakan acara orang dewasa ini, ikut membantu memopulerkan namanya. Elaina disebut-sebut sebagai penyiar termuda dalam sejarah penyiaran radio Inggris. Bahkan namanya masuk dalam daftar 10 bocah ‘ajaib’ di dunia.

“Apa yang terlintas di pikiran saya, itulah yang saya lontarkan pada mereka. Ternyata mereka menyukainya,” ucap Elaina yang telah memberi konsultasi pada ribuan pendengar. Elaina mengaku sangat suka menolong orang lewat nasihatnya. Sebelumnya dia juga memberi nasihat pada sepupunya yang mogok sekolah. Sejak itu, ujarnya, hatinya selalu tergerak untuk membantu mereka yang memiliki masalah.

Dailymail melaporkan, kiprahnya sebagai penyiar bermula saat dia menelpon stasiun radio setempat, Mercia FM, menanggapi ‘curhat’ seorang gadis yang sedang bermasalah dengan pacarnya. Dengan suara yang kekanak-kanakan namun meyakinkan, Elaina menyarankan pada orang itu untuk tidak usah memikirkan pacarnya. Bahkan kalau perlu segera memutuskan pacarnya. Agar tenang, Elaina menyarankan gadis itu untuk meminum segelas susu hangat dan pergi main bowling bersama teman-temannya.

Nasihat ‘jitu’ Elaina mengejutkan penyiar yang sedang memandu acara konsultasi itu. Selanjutnya, Elaina kerap menelpon stasiun radio tersebut, khususnya pada acara konsultasi, dan membantu memberi tips-tips mengatasi masalah mereka.

Pengelola stasiun radio merasa tertarik pada Elaina dan menawarkannya untuk menjadi penyiar di stasiun radio itu seminggu sekali. Ia memberi solusi terhadap berbagai masalah yang dialami para pendengarnya yang berusia dewasa mulai dari urusan percintaan, depresi, masalah rumah tangga sampai pada urusan rumah yang jorok dan bau.

Media massa yang mengulas sosok Elaina menyebutnya sebagai bocah jenius. Ia memandu acara konsultasi seminggu sekali saat orang tengah menikmati sarapan pagi. Setiap pekan, ia mendapat ratusan surat dari pendengarnya yang meminta tolong padanya untuk memecahkan masalah mereka. Setelah siaran, Elaina beristirahat sejenak, untuk kemudian siap-siap berangkat ke sekolah.

Penyiar utama acara ‘Breakfast Show’, Andy Goulding mengatakan, pihaknya menerima banyak surat dan pos-el yang menanggapi acara ‘Breakfast Show’ itu. Mereka umumnya adalah orang-orang yang berusia dewasa, jauh di atas Elaina.

“Kami dihujani berbagai pertanyaan seputar Elaina. Mereka adalah penggemar fanatiknya. Pernah, seorang pasien rumah sakit sampai menelpon ke stasiun kami, saat Elaina mengudara pertama kalinya. Pasien itu mengatakan mendengar acara bocah itu membuatnya bersemangat. Ia kagum akan kepandaiannya membantu memecahkan masalah orang lain,” ungkap Andy Goulding.

Ibunya Karen Harris, 31 tahun, yang bekerja sebagai customer service, berkisah, setiap pagi keluarga mereka mendengar radio sambil bersiap-siap untuk memulai tugas-tugas rutin.

“Sambil mendengar radio, saya membantu Elaina untuk bersiap ke sekolah. Tiba-tiba kami mendengar seorang pendengar menelepon dan meminta nasihat tentang masalah rumah tangganya yang diambang perceraian. Lalu Elaina, yang akan berangkat sekolah minta izin saya untuk menelepon radio tersebut. Saya awalnya tidak mengerti, dan saya benar-benar terkejut, ketika ia menelepon dan memberi nasihat pada wanita itu,” tutur Karen Harris.

Karen mengatakan, dia melihat talenta tertentu pada anaknya khususnya pada dunia penyiaran radio. Dia tidak canggung berbicara di depan pelantang, bahkan dia bisa demikian luwes. “Saya merasa dia punya masa depan yang baik di dunia penyiaran. Saat sekarang biarlah dia belajar untuk mendapatkan pengalaman karena dia menyukainya,” tutur Karen.

Suatu ketika seorang pendengar meminta saran Elaina bagaimana caranya agar bisa mendapatkan pacar. Dengan suaranya yang lincah, Elaina menyarankan agar gadis itu pergi ke diskotek. Di lain waktu seorang pendengar meminta sarannya mengatasi kakak laki-lakinya yang malas, Elaina dengan bijaksana menyarankan, agar dia mengajak kakaknya membantunya bekerja. Nasihat lainnya dia berikan pada seorang wanita yang patah hati.

Sarannya pada wanita itu, agar dia melupakan laki-laki yang telah menyakiti hatinya, karena tidak sepadan cinta yang dia terima dengan sakit hati yang dideritanya. “Hidup ini terlalu pendek, sayang jika disia-siakan untuk laki-laki semacam itu,” nasihat bocah tujuh tahun itu.- dia/dari berbagai sumber

Tidak ada komentar untuk "PENYIAR MUDA USIA 7 TAHUN"